title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung Semester Ganjil T.P. 2016/2017) creator: WILLY SETIAWAN, 1213021075 subject: L Education (General) = Pendidikan subject: QA Mathematics description: Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 19 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/ 2017 yang terdistribusi dalam 12 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIH dan VIIII yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Kata kunci: pembelajaran inkuiri, penalaran matematis, pengaruh publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG date: 2017-01-11 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/25203/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/25203/3/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/25203/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: WILLY SETIAWAN, 1213021075 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung Semester Ganjil T.P. 2016/2017). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. relation: http://digilib.unila.ac.id/25203/