title: PEMBELAJARAN TARI MULI SIGER MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA KELAS VII C DI SMP XAVERIUS METRO creator: AGNES YOPI PERMONI, 1113043001 subject: LB Theory and practice of education subject: NX Arts in general description: Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pembelajaran tari muli siger menggunakan model kooperatif tipe talking stick pada kelas VII C di SMP Xaverius Metro? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model kooperatif tipe talking stick dalam pembelajaran tari muli siger pada kelas VII C di SMP Xaverius Metro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes praktik. Sumber data penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru seni budaya, dan siswa siswi kelas VII C SMP Xaverius Metro. Analisis data penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi, dalam penggunaan model kooperatif tipe talking stick terdapat 9 langkah pelaksanaan, dalam pelaksanaannya dibutuhkan bantuan tongkat sebagai jatah atau giliran siswa untuk menjawab pertanyaan dari guru, tongkat bergilir dari satu sisiwa dan ke siswa yang lain. Hasil belajar siswa berdasarkan penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tari muli siger menggunakan model kooperatif tipe talking stick pada kelas VII C di SMP Xaverius Metro berdasarkan aspek penilaian hafalan urutan gerak secara keseluruhan memperoleh kriteria baik. Kata Kunci: pembelajaran, tari muli siger, talking stick abstract The research problems are learning how dance muli siger using a model of cooperative talking stick in class VII C in junior Xavier Metro? This study aimed to describe the use of talking stick model of cooperative learning muli siger dance in class VII C in junior Xavier Metro. This study uses descriptive qualitative research. This research data collection techniques are observation, documentation, interviews and practical tests. Resourch of data in this research that principals, teachers of art and culture, and the students of class VII C junior Xavier Metro. The data analysis of this research is data reduction, data presentation, and conclusion, the use of cooperative models talking stick, there are 9 steps of implementation, in practice it takes a cane as allotments or turn the students to answer questions from the teacher, the rotating rod of the students and all other students. The results of student learning based on research done, it can be concluded that learning dance muli siger using a model of cooperative talking stick in class VII C in junior Xavier Metro based assessment aspects rote motion sequence as a whole possesses both criteria. Key words: Learning, muli siger dance, model cooperative tipe talking stick. publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2016-12-21 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/25212/1/ABSTRAK%20%28ABSTRACT%29.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/25212/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/25212/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: AGNES YOPI PERMONI, 1113043001 (2016) PEMBELAJARAN TARI MULI SIGER MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA KELAS VII C DI SMP XAVERIUS METRO. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/25212/