@misc{eprints25217, month = {Januari}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN LKS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI FLUIDA STATIS}, author = {(1213022066) Ryna Aulia Falamy}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/25217/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar serta mendeskripsikan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa setelah menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing. Metode penelitian ini adalah True Experimental, dengan sampel kelas VIII H sebagai kelas kontrol dan VIII J sebagai kelas eksperimen, ditentukan dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design. Data diuji dengan analisis N-gain, uji normalitas, uji homogenitas dan Independent Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar. Rata-rata hasil belajar ranah kognitif sebesar 85,24 dan peningkatan hasil belajar dengan N-gain 0,81 (kategori tinggi). Kata kunci: hasil belajar, inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, LKS. } }