%0 Generic %A INDAH ISWARA, 1318011082 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:25252 %I FAKULTAS KEDOKTERAN %T HUBUNGAN GELOMBANG UJIAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN UJIAN DAN NILAI UJIAN AKHIR BLOK DERMATOMUSCULOSKELETAL ANGKATAN 2014 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/25252/ %X ABSTRAK Latar belakang Kecemasan merupakan respon normal terhadap konflik pada individu dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang dianggap mengancam individu tersebut. Konflik yang dimaksud seperti ujian. Fakultas Kedokteran Universitas Lampung melaksanakan ujian blok dengan sistem gelombang ujian, mahasiswa datang pada waktu yang sama dan berada di ruang karantina menunggu waktu ujian. Adanya kecemasan dan kondisi saat menunggu ujian dapat berdampak pada nilai ujian akhir blok mahasiswa. Metode Penelitian ini merupakan penelitian analitik deskriptif dengan pendekatan potong lintang. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Pengambilan data sekunder dengan teknik total sampling menggunakan Nist and Diehl Test Anxiety Questionnaire yang dilaksanakan pada bulan September–Oktober 2016 di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Hasil penelitian Didapatkan 15,4% mahasiswa mengalami kecemasan ringan, 62,6% kecemasan sedang, dan 22,0% kecemasan berat. Hasil uji Chi Square gelombang ujian terhadap tingkat kecemasan didapatkan p>0,05 dan gelombang dengan nilai ujian akhir blok p<0,05. Kesimpulan Tidak terdapat hubungan antara gelombang ujian dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa namun terdapat hubungan gelombang ujian dengan nilai ujian akhir blok mahasiswa. Kata kunci : Gelombang ujian, kecemasan, nilai ujian akhir blok. ABSTRACT Background Medical faculty of Lampung University’s test with waiting system exams, students arrive at the same time and were in quarantine room before exams. While waiting for their turn students feel anxious and this condition can affect the value of the final exam the student block. Methods This study is an analytic descriptive cross sectional. This study uses primary and secondary data. The study was conducted at Medical Faculty Lampung Univesity using a data retrieval technique total sampling. This study uses Nist and Diehl Test Anxiety Questionnaire and held in September-October, 2016 Results 15.4% of students experiencing mild anxiety, modarerate anxiety was 62.6%, and 22.0% severe anxiety. The result of Chi Square waiting test of the level of anxiety was obtained p> 0,05 and waiting to the value of the final exam block p <0.05. The conclusion of this study waiting system does not affect the level of anxiety in students but affects the final exam scores of students block. Keywords: block final exam scores, anxiety, waiting time test