TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints25305 UR - http://digilib.unila.ac.id/25305/ A1 - I MADE AFRYAN SUSANE L., (1318011080) Y1 - 2017/01/13/ N2 - Latar belakang: Stres merupakan keadaan yang sering dijumpai oleh mahasiswa terutama mahasiswa tingkat akhir. Stres dapat mempengaruhi mahasiswa untuk bertindak positif yang membangun seperti adanya motivasi mengerjakan tugas atau skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk menilai hubungan tingkat stres terhadap motivasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Sebanyak 174 responden mahasiswa tingkat akhir Fakultas Kedokteran Universitas Lampung mengisi kuesioner tingkat stres dan Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) untuk menilai motivasi mengerjakan skripsi. Hasil penelitian: Pada penelitian ini, tingkat stres tertinggi hingga terendah yang dialami oleh responden yaitu tingkat stres sedang (53,1%), stres ringan (40,7%) dan tingkat stres berat (6,2%). Hampir seluruh responden memiliki motivasi yang tinggi (89,5%) dan sisanya (10,5%). Pada uji Kruskal-wallis didapatkan hubungan bermakna antara stres terhadap motivasi dengan nilai p=0,0001 (p<0,05). Kesimpulan: Terdapat hubungan antara tingkat stres dengan motivasi mengerjakan skripsi pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Kata kunci: Motivasi, skripsi, tingkat stres. abstract Background: Stress is a condition that is often encountered by students, especially graduate student. Stress can affect a student's positive constructive act as their motivation to do the work or final task. This study aimed to assess the relationship of stress levels on the motivation of students in completing a graduate student thesis at the Faculty of Medicine, University of Lampung. Methods: This study used cross sectional approach. A total of 174 respondents on final year student were asked to complete two questionnaires, thesis work stress levels questionnaire and Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Results: Level of stress experienced by respondents from the highest to the lowest was moderate stress (53.1%), mild stress (40.7%) and severe stress (6.2%). Most of respondents had high motivation (89,5%) and the other had low motivation (10,5%). Based on bivariate analysis by kruskal-wallis, obtained a significant relationship between stress on motivation with p = 0.0001 (p<0,05). Conclusion: There was a significant relationship between stress and motivation of students who completing final task on final year students Faculty of Medicine, University of Lampung. Keywords: Final task, motivation, stress levels PB - Fakultas Kedokteran TI - HUBUNGAN TINGKAT STRES TERHADAP MOTIVASI MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG AV - restricted ER -