%0 Generic %A PUTRI RIA ARIYANTI , 1318011131 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:25369 %I FAKULTAS KEDOKTERAN %T HUBUNGAN PENGETAHUAN MAHASISWA TERHADAP PENULISAN RESEP YANG BAIK DAN BENAR PADA MAHASISWA TAHUN KE 4 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/25369/ %X Latar Belakang: Resep merupakan permintaan tertulis dari dokter atau dokter gigi, kepada apoteker, baik dalam bentuk paper maupun elektronik untuk menyediakan dan menyerahkan obat bagi pasien sesuai peraturan yang berlaku. Menulis resep adalah hal kompleks karena membutuhkan pengetahuan dalam kemampuan diagnostik, pengetahuan tentang obat, kemampuan komunikasi dan kemampuan tentang farmakologi klinik. Meskipun menulis resep ada dalam kurikulum pendidikan dokter namun kemampuan mahasiswa dalam menulis resep masih tergolong rendah baik saat ujian atau saat lulus dan bekerja sebagai tenaga kesehatan profesional. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan terhadap penulisan resep Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Terdapat sebanyak 136 responden yang mengisi dua buah kuesioner yaitu pengetahuan tentang resep dan penulisan resep. Hasil: Hasil analisis univariat sebanyak 80 responden (58,8%) memiliki pengetahuan baik, 45 responden (33,1%) memiliki pengetahuan cukup, dan 11 responden (8,1 %) memiliki pengetahuan kurang. Pada penulisan resep , responden menulis dengan benar 74 responden (54,4%), dan responden menulis salah 62 responden (45,6%). Terdapat hubungan antara pengetahuan terhadap penulisan resep yang baik dan benar pada mahasiswa semester 7 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung dengan diperoleh nilai P=0,000 (P<0,05). Kesimpulan: Terdapat hubungan bermakna antara pengetahuan terhadap penulisan resep yang baik dan benar pada mahasiswa semester 7 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Kata kunci: Mahasiswa Kedokteran, Pengetahuan, Penulisan Resep. ABSTRACT Background: Prescribing is an order from a doctor, or a dentist to a pharmacist either in electronic or paper form to provide the medicine to the patient according to the regulations. Doing prescribing, means the doctor applies the knowledge, expertise, and skills in pharmacology and therapeutic to the patients. Prescribing is a complex thing because it needs diagnostic knowledge, medicine knowledge, communication knowledge, and clinical pharmacology knowledge. Although prescribing already exist in medical education curriculum, however, student skills at writing prescription is still relatively low either in exams, or when they graduate and work as a professional medical workers. Objectives: The goal of this study is to know the relations between knowledge and prescribing. Method: This study used cross sectional approach. There were 136 respondents who fill two kind of questionnaires, which are the knowledge about prescribing and writing a prescription. Results: According to the univariate analysis, the result showed respondents have a good knowledge respondents as much as 80 (58,8%), enough knowledge 45 respondents (33,1%) , and lack of knowledge as 11 respondents (8,1 %). In the writing prescription, respondents who wrote prescriptions correctly were 74 respondents (54,4%), and respondents who wrote prescriptions with incorrect were 62 respondents (45,6%). There was correlation between students knowledge with writing prescription in medical students with p value 0,000 (p<0,05). Conclusion: There was correlation between students knowledge with writing prescription in medical students. Keywords: Knowledge, medical students, prescribing, writing prescription.