@misc{eprints2537, month = {Juli}, title = {PENGGUNAAN MEDIA REALIA DENGAN METODE DISKUSI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI POKOK KLASIFIKASI TUMBUHAN }, author = {0913024113 Sefty Goestira}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {FKIP}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/2537/}, abstract = {Hasil observasi di SMP N 1 Gedongtataan, diketahui bahwa Keterampilan Proses Sains (KPS) dan penguasaan konsep oleh siswa pada materi pokok Klasifikasi Tumbuhan belum optimal. Hal ini disebabkan antara lain proses pembelajaran masih berpusat pada guru dan guru belum maksimal menggunakan media sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut telah dilakukan penelitian menggunakan media realia dengan metode diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media realia dengan metode diskusi terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep oleh siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan VII F sebagai kelas kontrol yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-U melalui program SPSS 16. Data kualitatif berupa hasil observasi keterampilan proses sains dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan media realia dengan metode diskusi yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media realia dengan metode diskusi dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa, dengan rata-rata nilai pretes sebesar 44,09, nilai postes sebesar 80,05 dan N-gain sebesar 65,13. Hasil keterampilan proses sains siswa rata-rata berkriteria baik. Pada aspek observasi (89,78\%), klasifikasi (79,57\%), interpretasi (75,27\%), komunikasi (76,88\%), dan kesimpulan (73,66\%). Hasil angket menunjukkan bahwa sebagian besar (96,8\%) siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media realia dengan metode diskusi. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media realia dengan metode diskusi berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan signifikan terhadap penguasaan konsep oleh siswa. Kata kunci : media realia, metode diskusi, keterampilan proses sains, penguasan konsep, dan klasifikasi tumbuhan. } }