%A 1013043005 Rahmawati %T Pembelajaran Tari Sigeh Penguten Melalui Metode Demonstrasi pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 9 Bandar Lampung %X ABSTRAK PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUTEN MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG Oleh RAHMAWATI Permasalahan dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran tari sigeh penguten melalui metode demonstrasi pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran tari sigeh penguten melalui metode demonstrasi pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru seni budaya dan siswa kelas X yang terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler tari di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan tes praktik. Tahap analisis data didahului dengan mereduksi data, penyajian data, dan verivikasi atau penarikan kesimpulan. Dalam proses pembelajaran tari dengan menggunakan metode demonstrasi, siswa tidak hanya dapat melihat tetapi dapat mengamati, mendengarkan, dan merasakan proses pembelajaran tari secara langsung. Guru memperagakan ragam gerak tari sigeh penguten kemudian siswa menirukan, sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran tari sigeh penguten, siswa dan guru berperan aktif dalam pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tari sigeh penguten melalui metode demonstrasi di sekolah ini terbilang cukup dengan nilai rata-rata 72,6. Penilaian diberikan melalui empat aspek, yaitu hafalan gerak, teknik gerak, ketepatan gerak dengan iringan, dan penghayatan atau ekspresi saat menari. Aktivitas siswa dalam pembelajaran dapat dikatakan baik melihat antusias dan kemauan siswa untuk belajar, serta penilaian pada aspek visual activities yaitu cukup, listening aktivities yaitu cukup dan aspek motor activities baik sekali. ABSTRACT LEARNING OF SIGEH PENGUTEN DANCE USING DEMONSTRATIONS METHOD IN THE EXTRACURRICULAR ACTIVITY AT SENIOR HIGH SCHOOL 9 BANDAR LAMPUNG By RAHMAWATI The problem in this research is learning process of sigeh penguten dance using demonstrations method in the extracurricular activity at senior high school 9 Bandar Lampung. This research aimed to describe the learning of sigeh penguten dance using demonstrations method in the extra-curricular activity at senior high school 9 bandar lampung. This research is a qualitative descriptive research. The source of data in this research is an art teacher and students grade ten in the extracurricular activity. The data collecting techniques which is used are observation, interview, documentary, and testing practices. The steps by steps to data analys is the data reduction, data arrangement, and verivication. The process of learning dance using demonstrations method, students not only to see but also can supervice, listen, and feel the process of learning directly. Teacher show the movement sigeh penguten dancing, and then the students applied what we do, so that in process learning of sigeh penguten dancing, students and teacher active in realization of learning. The result of this research is learning of sigeh penguten dancing use demonstrations method in this school is enough with the average value 72,6. Assessment is given through four aspects of movement recitation, movement technic, accuracy and expression motion with accompaniment while dancing. Student activities in learning looking good if we see the antusiasm and responding of the students to learn and then grade in visual activities is enough, listening activities is enough, and motor activities is very good. %C Universitas Lampung %D 2014 %I FKIP %L eprints2538