@misc{eprints2541, month = {Agustus}, title = {HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 2 LABUHAN RATU KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 }, author = {1013053069 Nio Wicak Kuncoro}, address = {FKIP}, publisher = {Universitas Lampung}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/2541/}, abstract = {Penelitian ini berfokus pada hubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Labuhan Ratu Kota Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Labuhan Ratu Kota Bandar Lampung dengan jumlah siswa sebanyak 41 siswa. Teknik analisis data kompetensi guru menggunakan angket dan hasil belajar IPS menggunakan hasil belajar ulangan ganjil tahun 2013/2014. Pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan data hasil penelitian diperoleh angka korelasi antara Variabel X (kompetensi pedagogik guru) dan Variabel Y (hasil belajar IPS siswa) sebesar 0,784 itu berarti korelasi tersebut positif. Dengan t\_(hitung ) lebih besar dari t\_tabel atau 12,716 {\ensuremath{>}} 2.022, maka Ho ditolak, artinya Ha yang berbunyi ada hubungan yang positif antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Labuhan Ratu Kota Bandar Lampung tahun Pelajaran 2013/2014 diterima. Dan kompetensi pedagogik guru berpengaruh terhadap hasil belajar IPS sebesar 61,4\%, adapun sisanya sebesar 38,6\% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian berarti hasil belajar IPS siswa SDN 2 labuhan ratu sangat dipengaruhi baik atau kurang baiknya kompetensi pedagogik guru, dengan kata lain semakin baik kompetensi pedagogik guru maka akan semakin baik pula hasil belajar siswa, dan sebaliknya } }