%0 Thesis %9 Other %A MERI ADESTA, MA %B FKIP %D 2014 %F eprints:2544 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IVB SD N 8 METRO TIMUR TP. 2013/2014 %U http://digilib.unila.ac.id/2544/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IVB SD N 8 Metro Timur. Ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 43,33% dengan kriteria ketuntasan 66 (baik). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model cooperative learning tipe picture and picture. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri 4 kegiatan pokok yaitu; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengumpulkan data mengenai kinerja guru, motivasi siswa, dan hasil belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotor. Sedangkan soal tes untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif untuk menganalisa kinerja guru, motivasi siswa dan hasil belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotor dalam proses pembelajaran. Kemudian analisis kuantitatif untuk mengukur hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe picture and picture berdampak pada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Pada siklus I persentase ketuntasan motivasi siswa 25,92% (cukup). Pada siklus II menjadi 75,92% (baik) dan pada akhir siklus III menjadi 96,29% (baik). Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I 61,96 dengan ketuntasan 59,25%. Pada siklus II meningkat menjadi 71,03 dengan ketuntasan 77,78% dan pada akhir siklus III menjadi 75,92 dengan ketuntasan 88,89%. Kata kunci: model cooperative learning tipe picture and picture, motivasi dan hasil belajar.