%0 Thesis %9 Masters %A MARIYANA, 1423011015 %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2016 %F eprints:25459 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TARI PIRING DUA BELAS DI SMA BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/25459/ %X ABSTRAK Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan 1) proses pengembangan modul pembelajaran, 2) efektivitas, 3) efisiensi, dan 4) kemenarikan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan di SMAN 9 Bandar Lampung. Penggumpulan data menggunakan observasi, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, angket dan tes. Data dianalisis secara statistik deskriptif dan n-Gain. Hasil dari penelitian ini adalah 1) karakteristik siswa di usia 15-17 tahun kurang termotivasi untuk belajar menggunakan sumber belajar buku paket. Sehingga berpotensi untuk dikembangkan bahan ajar berupa modul. 2) produk modul efektif dengan kategori indeks gain sedang, rata-rata nilai n- Gain kelas eksperimen 0,47 > kelas kontrol 0,39. 3) penggunaan modul efisien digunakan dalam pembelajaran, dengan nilai efisiensi 1, 3, 4) daya tarik modul dalam kategori menarik (88,21%). Kata kunci: modul, pembelajaran, tari piring dua belas. ABSTRACT Abstract: This research aims to describe 1) the process of module development. 2) efectivity. 3) efficiency, 4) and interesting. The approach that used in this research is research and development. This research is done in SMAN 9 Bandar Lampung. The data collection used observation, unstructured interview, documentation, questionnaire and test. The data is analyzed by using statistic descriptive en-gain. The product of this research are 1) students’ characteristic in aged 15-17 years old less of motivation to study using source study of package book until potentially to be developed as learning material such as, 2) module effective with medium index gain, the average of gain value in experiment class 0,47 > control class 0,39, 3) the use of modul efficient is used in learning, with efficiency 1, 3, 4) the attractiveness of module in interesting category is 88, 21 % Keyword: module, learning, twelve piring dance