%0 Thesis %9 Masters %A NAMROTUL WAQIDAH , 1323011059 %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2017 %F eprints:25487 %I Universitas Lampung %T PENINGKATAN PENCAPAIAN HASIL BELAJAR STRUKTUR (TOEFL) DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS STRUKTUR V STBA TEKNOKRAT BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/25487/ %X Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan dan menghasilkan perencanaan pembelajaran yang efektif; (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran; (3) mendeskripsikan bentuk evaluasi yang dipergunakan; dan (4) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar mahasiswa khususnya dalam sesi Structure dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas Structure V STBA Teknokrat Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (1) desain pembelajaran sudah dibuat sesuai dengan kebutuhan belajar, tujuan pembelajaran, materi, metode dan evaluasi; (2) pelaksanaan pembelajaran menggunakan pembelajaran jigsaw sudah sesuai dengan sintak pembelajaran jigsaw; (3) bentuk evaluasi pembelajaran yang digunakan sudah sesuai dengan penilaian TOEFL; dan (4) terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa dari siklus ke sikus dengan rincian pada siklus 1 sebesar 5,76, siklus 2 sebesar 11,28, dan siklus 3 sebesar 13,96. Kata kunci: hasil belajar, kooperatif jigsaw, TOEFL