%A 1213051056 REFITA YUSUP %T PENGARUH GAYA MENGAJAR RESIPROKAL DAN KOMANDO TERHADAP KETERAMPILAN MERODA PADA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI SISWA SMP TRI SUKSES NATAR LAMPUNG SELATAN %X Masalah dalam penelitian ini adalah keterampilan gerak dasar meroda siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya perbandingan pengaruh gaya mengajar resiprokal dan gaya komando terhadap keterampilan meroda pada pembelajaran senam lantai siswa SMP Tri Sukses Natar Lampung Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi eksperimen), sedangkan desain penelitian yang digunakan Randomized Pretest-Postest Design. Populasi pada penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Tri Sukses Natar Lampung Selatan yang berjumlah 210 siswa dengan sampel 20% dari jumlah populasi yaitu 40 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai rata-rata untuk kelas gaya mengajar resiprokal diperoleh t hitung = 4,398 > t tabel = 2,093 dengan tes akhir sebesar 1280 sedangkan nilai rata-rata untuk kelas gaya mengajar komando diperoleh t hitung = 4,398 > t tabel = 2,093 dengan tes akhir sebesar komando 1384. Hasil perhitungan hipotesis menunjukan nilai t hitung sebesar -1,351 dan t tabel sebesar 2,024. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua metode pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan meroda pada senam lantai siswa SMP Tri Sukses Natar Lampung selatan. Namun bila melihat perbandingan ternyata metode komando lebih baik dari metode resiprokal dalam peningkatan meroda pada pembelajaran senam lantai. Kata Kunci : Resiprokal, Komando, Keterampilan Meroda %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints25509