@misc{eprints2552, month = {Agustus}, title = {PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn KELAS V SDN SRI BASUKI KECAMATAN NEGERI BESAR KABUPATEN WAY KANAN }, author = {1013144013 Mujiati}, address = {FKIP}, publisher = {Universitas Lampung}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/2552/}, abstract = {Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SD Negeri Sri Basuki aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas V masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dikenal dengan Classroom Action Research. Prosedur penelitian yang dilakukan terdiri dari dua siklus dan setiap siklus melalui tahapan 1. perencanaan, 2. pelaksanaan, 3. observasi, 4. refleksi. Data yang diambil meliputi data kuantitatif berupa tes hasil belajar dan data kualitatif hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningktakan aktivitas dan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat hasil aktivitas belajar peserta didik yang meningkat mulai dari jumlah rata-rata 69,96 pada siklus I dan meningkat pada siklus II dengan jumlah rata-rata 73,40 Demikian juga yang terjadi pada hasil belajar pada siklus I terdapat 46,66\% peserta didik yang dapat dikatakan tuntas dengan jumlah rata-rata 69,83 dan terdapat 53,33\% peserta didik belum tuntas. Sedangkan pada siklus II meningkat yakni terdapat 80,00\% peserta didik yang tuntas dan 20.00\% peserta didik belum tuntas dengan jumlah rata-rata 75,50. Hal ini menujukkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Sri Basuki Kecamatan Negera Besar Kabupaten Way Kanan. Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, model pembelajaran STAD. } }