?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PEMBELAJARAN+MEMAHAMI+TEKS+LAPORAN+HASIL+OBSERVASI%0D%0APADA+SISWA+KELAS+X+IPS+2+SMA+NEGERI+1+KALIREJO%0D%0ATAHUN+PELAJARAN+2016%2F2017&rft.creator=ARUFIL+ERY+TRIANA+%2C+1213041010&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.subject=LB2300+Higher+Education&rft.description=Permasalahan+dalam+penelitian+ini+yaitu+pembelajaran+memahami+teks+laporan%0D%0Ahasil+observasi+pada+siswa+kelas+X+IPS+2+SMA+Negeri+1+Kalirejo+tahun+pelajaran%0D%0A2016%2F2017.+Tujuan+dalam+penelitian+ini+yaitu+untuk+mendeskripsikan+proses%0D%0Apembelajaran+memahami+teks+laporan+hasil+observasi+yang+difokuskan+pada%0D%0Aperencanaan%2C+pelaksanaan+yang+meliputi+aktivitas+guru+dan+siswa%2C+dan+penilaian%0D%0Apembelajaran.%0D%0AMetode+yang+digunakan+yaitu+deskriptif+kualitatif.+Penulis+mendeskripsikan+hasil%0D%0Apenelitian+dan+analisis+terhadap+tahapan+kegiatan+dalam+pembelajaran+memahami%0D%0Ateks+laporan+hasil+observasi.+Sumber+data+dalam+penelitian+terdiri+dari+RPP%2C%0D%0Apelaksanaan+pembelajaran+berupa+aktivitas+guru+dan+aktivitas+siswa%2C+dan+penilaian%0D%0Apembelajaran.+Teknik+pengumpulan+data+yang+dilakukan+meliputi+observasi%2C%0D%0Awawancara%2C+dokumentasi%2C+rekaman+video%2C+foto%2C+dan+angket.%0D%0AHasil+Penelitian+menunjukkan+bahwa+guru+melaksanakan+tiga+tahapan%0D%0Apembelajaran+memahami+teks+laporan+hasil+observasi+yaitu+perencanaan%2C%0D%0Apelaksanaan%2C+dan+penilaian+pembelajaran.+Pada+tahap+perencanaan+pembelajaran%0D%0Aguru+membuat+Rencana+Pelakasanaan+Pembelajaran+(RPP)+sesuai+dengan+format%0D%0Apada+Kurikulum+2013.+Pada+pelaksanaan+pembelajaran+guru+sudah+melakukan+tiga%0D%0Atahapan+pembelajaran+yaitu+kegiatan+pendahuluan%2C+inti%2C+dan+penutup.+Pada%0D%0Akegiatan+pendahuluan+guru+melakukan+apersepsi+dengan+mengaitkan%0D%0Apembelajaran+pada+pertemuan+sebelumnya%2C+menyampaikan+tujuan+pembelajaran%2C%0D%0Adan+menyampaikan+rencana+kegiatan.+Namun%2C+dalam+pelaksanaannya+terdapat%0D%0Aindikator+yang+tidak+guru+lakukan+seperti+menyampaiakan+manfaat+pembelajaran%0D%0Adan+memberikan+motivasi.+Pada+kegiatan+inti+guru+melaksanakan+semua%0D%0Akomponen+pelaksanaan+pembelajaran+sesuai+dengan+instrumen.+Pada%0D%0Apelaksanaannya+guru+tidak+menggunakan+media+powerpoint+dikarenakan+fasilitas%0D%0Ayang+ada+di+sekolah+kurang+memadai+dan+guru+tidak+melaksanakan+pembelajaran%0D%0Asesuai+alokasi+waktu+yang+guru+rencanakan.+Pada+kegiatan+inti+guru+menggunakan%0D%0Apendekatan+saintifik+dan+memfasilitasi+siswa+dengan+lima+aktivitas+yang+memacu%0D%0Asiswa+untuk+memahami+teks+laporan+hasil+observasi.+Aktivitas+tersebut+meliputi%0D%0Aaktivitas+mengamati%2C+menanya%2C+menalar%2C+mencoba%2C+dan+mengomunikasikan.%0D%0AKegiatan+penutup+guru+mengumpulkan+tugas+dan+memberikan+tindak+lanjut+untuk%0D%0Apembelajaran+selanjutnya+tetapi+guru+tidak+melakukan+refleksi+dan+tes+tulis+atau%0D%0Alisan.+Penilaian+sikap+dilakukan+guru+dengan+cara+mengamati+perilaku+siswa+pada%0D%0Asaat+pembelajaran.+Penilaian+pengetahuan+dan+keterampilan+dilakukan+guru%0D%0Adengan+memberikan+tes+tertulis+yang+dikerjakan+secara+berkelompok.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN+&rft.date=2017-01-16&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F25537%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F25537%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F25537%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++ARUFIL+ERY+TRIANA+%2C+1213041010++(2017)+PEMBELAJARAN+MEMAHAMI+TEKS+LAPORAN+HASIL+OBSERVASI+PADA+SISWA+KELAS+X+IPS+2+SMA+NEGERI+1+KALIREJO+TAHUN+PELAJARAN+2016%2F2017.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN+%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F25537%2F