TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints25558 UR - http://digilib.unila.ac.id/25558/ A1 - YESSY ARY ESTIANI SUTOPO , 1213052051 Y1 - 2016/12/09/ N2 - Tujuan penelitian untuk mengetahui untuk mengetahui penggunaan konseling rational emotive behaviour therapy dalam meningkatkan percaya diri siswa. Metode penelitian ini adalah bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini, meliputi sumber data primer yang yang diperoleh dari pengamatan langsung dan wawancara kedua subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi dan wawancara. Teknik analisis data, yaitu: reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian konseling rational emotive behaviour therapy dapat dikatakan berhasil. Hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan kedua subjek pada saat sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling dilakukan. Perubahan yang dialami kedua subjek, seperti yakin dengan kemampuan yang dimiliki, mampu berpikir secara logis dan rasional, berani bersosialisasi dengan teman-temannya, dan berani mengutarakan argumentasinya serta bertanya ketika ada diskusi kelompok. Adapun peningkatan percaya diri siswa setelah mengikuti konseling dengan pendekatan rational emotive behaviour therapy sebesar 51 %. Kata kunci: bimbingan dan konseling, konseling rational emotive behaviour therapy, percaya diri. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGGUNAAN KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA (Studi Kasus Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Seputih Raman Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017) AV - restricted ER -