%0 Generic %A MARKORIUS RUDIYANTO , 1413093022 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:25561 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN BANJARAGUNG %U http://digilib.unila.ac.id/25561/ %X Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Banjaragung Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together di kelas V. Penelitian dilaksanakan dua siklus, dimana setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar observasi aktivitas siswa dan tes formatif untuk hasil belajar. Hasil penelitian bahwa model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Banjaragung Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, Numbered Head Together