TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints25561 UR - http://digilib.unila.ac.id/25561/ A1 - MARKORIUS RUDIYANTO , 1413093022 Y1 - 2017/01/06/ N2 - Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Banjaragung Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together di kelas V. Penelitian dilaksanakan dua siklus, dimana setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar observasi aktivitas siswa dan tes formatif untuk hasil belajar. Hasil penelitian bahwa model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Banjaragung Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, Numbered Head Together PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN BANJARAGUNG AV - restricted ER -