title: PENGARUH DIMENSI SERVICESCAPE TERHADAP WORD OF MOUTH (Studi Pada Waroeng Steak and Shake di Kedaton Bandar Lampung) Skripsi Oleh RIRI CARISSA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS LAMPUNG BANDAR LAMPUNG 2017 creator: RIRI CARISSA, 1341011066 subject: HD28 Management. Industrial Management description: Word Of Mouth merupakan hal yang penting bagi pemasaran sebuah produk maupun jasa karena dapat meningkatkan eksistensi sebuah bisnis. Word of mouth yaitu semua komentar mengenai suatu produk ataupun jasa tertentu yang diperjualbelikan diantara orang-orang pada suatu waktu tertentu. Word of mouth dapat berupa word of mouth positif dan word of mouth negatif. Ketatnya persaingan bisnis jasa khususnya jasa restoran di Bandar Lampung membuat perusahaan memikirkan strategi yang tepat dalam meningkatkan penjualan. Salah satu cara dalam meningkatkan penjualan yaitu melalui pemuasan lingkungan fisik atau lebih dikenal dengan servicescape. Servicescape merupakan konsep layanan yang diberikan oleh perusahaan lewat pemuasan lingkungan fisik konsumen. Ketika perusahaan mengembangkan servicescape yang baik dan menarik, maka akan mengarah kepada word of mouth positif yang lebih tinggi. Masalah yang dihadapi Waroeng Steak and Shake Kedaton adalah tingginya persaingan dalam kategori restoran steak sejenis di wilayah kota Bandar Lampung dan tingkat penjualan yang cenderung berfluktuatif tiap tahunnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi lingkungan fisik (servicescape) terhadap word of mouth pada Waroeng Steak and Shake di Kedaton Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan metode non-probability sampling serta teknik purposive sampling dengan kriteria responden merupakan orang-orang yang pernah melakukan pembelian di Waroeng Steak and Shake di Kedaton Bandar lampung. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil analisis yang telah dihitung menunjukkan bahwa dimensi Servicescape (X) yang terdiri dari dimensi Kondisi Sekitar, dimensi Tata Letak Ruang dan Fungsinya, dan dimensi Tanda, Simbol, dan Artefak menyumbang sebesar 49,7% terhadap Word Of Mouth (Y) dan sisanya 50,3% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Servicescape, Word Of Mouth, Word Of Mouth Positif, Word Of Mouth Negatif. publisher: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS date: 2017-02-06 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/25585/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/25585/19/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/25585/20/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: RIRI CARISSA, 1341011066 (2017) PENGARUH DIMENSI SERVICESCAPE TERHADAP WORD OF MOUTH (Studi Pada Waroeng Steak and Shake di Kedaton Bandar Lampung) Skripsi Oleh RIRI CARISSA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS LAMPUNG BANDAR LAMPUNG 2017. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS , UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/25585/