TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints25604 UR - http://digilib.unila.ac.id/25604/ A1 - ELI KURNIAWATI, 1216031035 Y1 - 2017/01/11/ N2 - ABSTRAK Iklan merupakan salah satu sarana yang digunakan untuk memperkenalkan atau mempromosikan suatu produk atau jasa melalui media massa seperti media elektronik, media cetak, atau media luar ruang. Salah satunya iklan line webtoon di televisi yang mencoba untuk menginformasikan serta membujuk khalayak untuk menggunakan aplikasi line webtoon. Webtoon merupakan salah satu aplikasi membaca komik yang dirilis oleh LINE. Sejak awal rilis april 2015 hingga sekarang webtoon sudah di unduh lebih dari 100 juta. Dari beberapa aplikasi komik yang dapat diunduh melalui smartphone, hanya webtoon yang mempromosikan aplikasinya melalui televisi. Hasil akhir dari tujuan adanya sebuah iklan adalah terciptanya sebuah respon atau tindakan dari konsumen untuk membeli atau menggunakan barang dan jasa yang ditawarkan.Tujuan akhir dari sebuah iklan adalah untuk mempengaruhi khalayak luas agar membeli dan menggunakan produk yang ditawarkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara menonton iklan Line Webtoon di televisi dengan minat pengunduhan aplikasi di smartphone. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification dan model AIDDA. Dalam penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 81 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan perbandingan (4,836>1990) jadi, Ho ditolak dan Ha diterima. Itu artinya terdapat hubungan antara menonton iklan line webtoon dengan minat pengunduhan aplikasi di smartphone Hubungan tersebut dapat diartikan bahwa, dengan menonton iklan Line Webtoon di televisi menjadi salah satu faktor pendorong seseorang untuk melakukan pengunduhan aplikasi tersebut Kata Kunci : Iklan, televisi, aplikasi line webtoon ABSTRACT Advertising is one of the means used to introduce or promote a product or service through the mass media such as electronic media, print media, or outdoor media. One of them line webtoon on television ads that try to inform and persuade the public to use the online application line webtoon. Webtoon is one app to read comics released by LINE. Since the initial release in april 2015 until now webtoon has been downloaded more than 100 million. From some comic apps that can be downloaded via smartphone, only LINE promoting webtoon applications via television. The end result of their purpose of an ad is the creation of a response or action from the consumer to purchase or use goods or services on offer. The ultimate purpose of an ad is to influence a wide audience in order to buy and use the products offered. The problems of this study was to determine whether there is a correlation of watching advertisements on television line webtoon with an interest in smartphone app downloads. This study uses model AIDDA and uses and gratification theory. In this study using survey method with quantitative approach. The sampling technique used in this study is simple random sampling, with a total sample of 81 students.The results of this study indicate that thitung> t table at a significance level of 5% with a ratio (4.836> 1990), so Ho rejected and Ha accepted.It means that there is a relationship between watching the ad line webtoon with an interest in smartphone app downloads. The correlasion can be interpreted that, by watching Line Webtoon advertisements on television became one of the driving factors for someone to do the application downloads Keywords: Advertising, television, line webtoon applications PB - FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK TI - HUBUNGAN ANTARA MENONTON IKLAN LINE WEBTOON DI TELEVISI DENGAN MINAT PENGUNDUHAN APLIKASI DI SMARTPHONE AV - restricted ER -