@misc{eprints25615, month = {Januari}, title = {PENGARUH EKUITAS MEREK DAN PREFERENSI MEREK TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK SMARTPHONE MEREK SAMSUNG DI BANDAR LAMPUNG (Studi Penelitian pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung)}, author = {1311011051 EKA RAHMAWATI }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/25615/}, abstract = {ABSTRAK Smartphone merupakan handphone pintar berbasis internet yang saat ini digunakan oleh semua kalangan masyarakat. Banyak perusahaan smartphone bersaing dalam memasarkan produk unggulan mereka, salah satu perusahaan produsen smartphone yang terkenal yaitu Samsung. Berdasarkan data yang diperoleh dari Trendforce pada Januari 2015. Samsung mengalami penurunan persentase di pangsa pasar pada tahun 2015 dibandingkan tahun 2014 dan tahun 2013 di wilayah Indonesia. Agar bisa terus meningkatkan pangsa pasarnya, perusahaan vendor smartphone Samsung tidak boleh terpaku dengan atribut produk dan harga saja. Samsung harus mempunyai strategi salah satunya dengan cara membangun ekuitas merek dan preferensi merek untuk menarik niat beli pada masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ekuitas merek dan preferensi merek berpengaruh secara signifikan terhadap niat beli masyarakat pada produk smartphone Samsung di Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh ekuitas merek dan preferensi merek terhadap niat beli konsumen pada smartphone Samsung di Bandar Lampung. Sampel pada penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung sebanyak 100 orang yang ditentukan melalui metode probability sampling, dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif verifikatif, penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Untuk menguji hipotesis setiap variabel bebas digunakan uji t dan untuk menguji hipotesis variabel secara simultan digunakan uji f. Hasil penelitian ini adalah variabel ekuitas merek dan preferensi merek berpengaruh secara signifikan terhadap niat beli. Variabel bebas yang mempunyai pengaruh terbesar yaitu preferensi merek (X2) dengan nilai {\ensuremath{\beta}} = 0,657, selanjutnya variabel ekuitas merek (X1) dengan nilai {\ensuremath{\beta}} = 0,265. Kontribusi variabel ekuitas merek (X1) dan preferensi merek (X2) dalam mempengaruhi Variabel Y (niat beli) sebesar 72,2\% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci: Ekuitas Merek, Preferensi Merek, Niat Beli, Smartphone Samsung. } }