<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF UNTUK\r\nMENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\nPADA MATERI DAMPAK PENCEMARAN\r\nBAGI KEHIDUPAN"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book interaktif yang dapat\r\nmenumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa, pada topik dampak pencemaran\r\nbagi kehidupan. Desain penelitian dan pengembangan diadopsi dari model Borg\r\ndan Gall, telah dilakukan dengan cara studi pendahuluan, pengembangan produk\r\nawal, tahap validasi dan revisi serta ujicoba. Hasil pengembangan diujicobakan\r\npada siswa kelas VII di MTs Negeri 2 Pesawaran pada semester genap tahun\r\najaran 2015/2016, menggunakan rancangan The matching-only pretestposttescontrol\r\ngroup. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket,\r\nwawancara, observasi dan tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan\r\nanalisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan\r\nbeberapa temuan, yaitu: karakteristik e-book interaktif dikembangkan menjadi\r\ntiga sub terdiri dari pendahuluan, isi, dan penutup, sesuai dari hasil validasi uji\r\nii\r\nahli konstruksi, ahli konten/materi, dan ahli bahasa dengan capaian penilaian\r\n100%. E-book interaktif yang dikembangkan memiliki kelayakan yang sangat\r\ntinggi berdasarkan tanggapan guru (93%) dan tanggapan siswa (85%).\r\nKepraktisan e-book interaktif dilihat pada saat Implementasi pembelajaran\r\nmenggunakan e-book dapat terlaksana dengan baik sesuai perolehan skor rata-rata\r\naktivitas guru 74,2% (baik) dan aktivitas siswa 71.5% (tinggi). Respon siswa\r\nterhadap pembelajaran dan e-book interaktif sangat positif, hal ini dibuktikan\r\ndengan ketertarikan siswa saat mengikuti pembelajaran sangat senang dan\r\nantusias, sesuai dengan hasil wawancara dan observasi. Efektivitas penggunaan\r\ne-book interaktif untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis, ditunjukkan\r\ndari perbedaan n-gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.\r\nNilai gain kelas eksperimen (VII B) sebesar 0,37 (cukup) dan kelas kontrol (kelas\r\nVII A) sebesar 0,21 (kurang). Kesimpulan hasil penelitian, menunjukkan bahwa\r\npenggunaan e-book interaktif cukup efektif menumbuhkan keterampilan berpikir\r\nkritis siswa, yang dibuktikan dengan n-Gain kelas eksperimen (0,37) lebih tinggi\r\ndan berbeda nyata dibandingkan dengan kelas kontrol (0,21), dengan capaian\r\ntertinggi pada indikator membuat dan mempertimbangkan induksi.\r\nKata kunci : Bahan ajar, e-book interaktif, keterampilan berpikir kritis.\r\n\r\n\r\n\r\nabstract\r\n\r\nThe research aims to develop an interactive e-book on how to improve students'\r\ncritical thinking skills to the topicl impact of pollution for life. The study design\r\nand development of the model adopted Borg and Gall, has been done by way of a\r\npreliminary study, early product development, revision and validation phase, and\r\ntrial The result of development was piloted in the seventh grade students at MTs\r\n2 Pesawaran in the second semester of the 2015/2016 academic year, using the\r\ndesign of the trial non equivalent control group design. Data collection methods\r\nthat is used were questionnaires, interviews, observation and tests, while the\r\ntechnique of data analysis was using descriptive analysis of qualitative and\r\nquantitative. The results that is shows several findings, namely: Characteristics of\r\ninteractive e-book is developed into three sub which is consist of introduction,\r\ncontents, and cover according, as the results of the validation test construction\r\nexperts, expert content / materials, and linguists with performance ratings 100%.\r\niv\r\nE-book developed interactive has a very high feasibility based on the responses of\r\nteachers (93%) and the responses of students (85%). Practicality interactive ebook\r\nseen at.the implementation of learning process that used interactive e-book\r\ncan be done well wich is showed by the mean score that is achieved 74.2% for the\r\nteachers activity (good) and 71.5% (high) for the student activity. The response\r\nfrom the students towards learning process and interactive e-book is very\r\npositive, this is evidenced by the interest of students while attending the learning\r\nvery happy, according to interviews and observations. The effectiveness of the\r\nuse of interactive e-book to cultivate critical thinking skills, shown from n-gain\r\ndifference is significant between the control class and experimental class. Value\r\ngain experimental class (VII B) of 0.37 (enough) and the control class (class VII\r\nA) of 0.21 (less). The conclusion The results showed that the use of interactive ebooks\r\nquite effectively foster students' critical thinking skills, as evidenced by n-\r\nGain experimental class (0.37) is higher and significantly different than the\r\ncontrol class (0.21). with the highest achievements in the indicator to make and\r\nconsider induction.\r\nKeywords: Teaching material, e-book interactive, critical thinking skills."^^ . "2017-01-30" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "1423025014"^^ . "ROSIDA"^^ . "1423025014 ROSIDA"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF UNTUK\r\nMENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\nPADA MATERI DAMPAK PENCEMARAN\r\nBAGI KEHIDUPAN (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF UNTUK\r\nMENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\nPADA MATERI DAMPAK PENCEMARAN\r\nBAGI KEHIDUPAN (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF UNTUK\r\nMENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\nPADA MATERI DAMPAK PENCEMARAN\r\nBAGI KEHIDUPAN (File PDF)"^^ . . . "TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF UNTUK\r\nMENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\nPADA MATERI DAMPAK PENCEMARAN\r\nBAGI KEHIDUPAN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF UNTUK\r\nMENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\nPADA MATERI DAMPAK PENCEMARAN\r\nBAGI KEHIDUPAN (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF UNTUK\r\nMENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\nPADA MATERI DAMPAK PENCEMARAN\r\nBAGI KEHIDUPAN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF UNTUK\r\nMENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\nPADA MATERI DAMPAK PENCEMARAN\r\nBAGI KEHIDUPAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF UNTUK\r\nMENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\nPADA MATERI DAMPAK PENCEMARAN\r\nBAGI KEHIDUPAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF UNTUK\r\nMENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\nPADA MATERI DAMPAK PENCEMARAN\r\nBAGI KEHIDUPAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF UNTUK\r\nMENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\nPADA MATERI DAMPAK PENCEMARAN\r\nBAGI KEHIDUPAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF UNTUK\r\nMENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\nPADA MATERI DAMPAK PENCEMARAN\r\nBAGI KEHIDUPAN (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF UNTUK\r\nMENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\nPADA MATERI DAMPAK PENCEMARAN\r\nBAGI KEHIDUPAN (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF UNTUK\r\nMENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\nPADA MATERI DAMPAK PENCEMARAN\r\nBAGI KEHIDUPAN (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF UNTUK\r\nMENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\nPADA MATERI DAMPAK PENCEMARAN\r\nBAGI KEHIDUPAN (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF UNTUK\r\nMENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\nPADA MATERI DAMPAK PENCEMARAN\r\nBAGI KEHIDUPAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF UNTUK\r\nMENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\nPADA MATERI DAMPAK PENCEMARAN\r\nBAGI KEHIDUPAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF UNTUK\r\nMENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\nPADA MATERI DAMPAK PENCEMARAN\r\nBAGI KEHIDUPAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF UNTUK\r\nMENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA\r\nPADA MATERI DAMPAK PENCEMARAN\r\nBAGI KEHIDUPAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #25617 \n\nPENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF UNTUK \nMENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA \nPADA MATERI DAMPAK PENCEMARAN \nBAGI KEHIDUPAN\n\n" . "text/html" . . . "L Education (General) = Pendidikan "@en . .