title: PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 METRO PUSAT creator: ERNAWATI, 1213053044 subject: L Education (General) = Pendidikan subject: LB1501 Primary Education description: Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 2 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model cooperative learning tipe STAD terhadap hasil belajar kognitif matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan quasi-experimen metode non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non-tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak untuk mengukur hasil belajar dan angket untuk mendapatkan data penerapan model STAD. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 2,29 > ttabel = 2,02, maka terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model cooperative learning tipe STAD terhadap hasil belajar matematika. Kata kunci: cooperative learning, STAD, hasil belajar, matematika. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2016-12-19 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/25639/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/25639/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/25639/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: ERNAWATI, 1213053044 (2016) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/25639/