%A 1213053044 ERNAWATI %T PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 METRO PUSAT %X Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 2 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model cooperative learning tipe STAD terhadap hasil belajar kognitif matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan quasi-experimen metode non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non-tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak untuk mengukur hasil belajar dan angket untuk mendapatkan data penerapan model STAD. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 2,29 > ttabel = 2,02, maka terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model cooperative learning tipe STAD terhadap hasil belajar matematika. Kata kunci: cooperative learning, STAD, hasil belajar, matematika. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints25639