%A 1421031015 ACEP SUPIANI %T PENGARUH PENDIDIKAN, PENGALAMAN, DAN PROFESIONALISME AUDITOR INSPEKTORAT TERHADAP KUALITAS REVIU LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendidikan, pengalaman, dan profesonalisme Auditor Inspektorat terhadap kualitas reviu laporan keuangan pemerintah daerah. Pengujian dilakukan terhadap 420 auditor pada 34 inpektorat Provinsi/Kabupaten/Kota di Sumatera Bagian Selatan, yang meelakukan reviu laporan keuangan pemerintah daerah Tahun 2015. Pengujian hipotesis dalam pengujian ini menggunakan Analysis of Covariance (ANCOVA). Peneliti menyimpulkan bahwa variabel pendidikan berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas reviu, sedangkan variabel pengalaman dan profesionalisme tidak memiliki pengaruh. Namun demikian ketiga variabel secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kualitas reviu LKPD. Koefisien determinasi disesuaikan (Adjusted R2) hanya 0,2401, berarti masih ada 75,99 % variasi variabel terikat yang dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Meskipun demikian, hasil regresi memperlihatkan bahwa reviu yang dilakukan auditor yang memiliki latar belakang pendidikan akuntansi, berpengalaman dan menjabat sebagai fungsional auditor dapat memberikan hasil reviu yang lebih baik. Kata kunci: Pendidikan, Pengalaman, Provesionalisme, dan Kompetensi Internal Auditor Sektor Publik. ABSTRACT This study attempts to examines the effect of education, experience, and profesonalism on the quality of auditors at local government inspectorate financial report reviews. Tests were conducted with 420 auditors in 34 inspectorate province / district / city in southern of Sumatra island, who conduct local government financial report reviews in 2015. Hypothetical test use analysis of covariance (ANCOVA). The Result shows that education has positive significant effects on the reviews quality, while experience and professionalism have no influence. However third variable simultaneously have significant influence on the reviews quality. The adjusted determination coefficient (adjusted R2) only 0,2401, it means there are still 76,99 % variation on dependent variable could be described by other variables that were not included in the research model. However, the regression results show that the review conducted by auditors who has an educational background in accounting, experienced and served as Fungsional Auditor can provide better review results. Keywords: Education, Experience, Profesionalism, Competency Public Sector Internal Auditor. ? %D 2017 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints25642