%A 1413093035 RIANTIKA BERLIANA %T MENINGKATKAN AKTIVITAS DANHASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS V SD NEGERI 59 GEDONG TATAAN KECAMATAN GEDONG TATAAN PESAWARAN %X Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada ulangan semester ganjil yang ditunjukkan dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 14 siswa dari 32 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui model inquiry di kelas V SD Negeri 59 Gedong Tataan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakan dalam pengumpulan data nilai-nilai siswa untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik non tes dilakukan melalui observasi untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa. Adapun hasil penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II meningkat secara signifikan. Hasil analisis statistik terdapat hubungan yang cukup erat antara aktivitas belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 59 Gedong Tataan Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Kata kunci: Aktivitasbelajar, hasilbelajar, model inquiry %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints25660