TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints25678 UR - http://digilib.unila.ac.id/25678/ A1 - EBENEZER, 1313093025 Y1 - 2017/01/17/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa masih pasif dan ketuntasan hasil belajar siswa masih rendah yaitu 32%. Tujuan peneliti adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe NHT. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dengan lembar observasi untuk aktivitas belajar siswa dan tes untuk hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan Model Pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas belajar siswa, pada siklus I mencapai 66% berkategori cukup aktif dan pada siklus II meningkat menjadi 79% berkategori aktif. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 68%, dengan rata-rata nilai adalah 66 berkategori cukup, meningkat menjadi 82% pada akhir siklus II dengan ratarata nilai adalah 79 berkategori baik. Kata kunci: Aktivitas, hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe NHT PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS IV SD.NEGERI 1 HAJIMENA KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 AV - restricted ER -