<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PENGARUH PENGGUNAAN BOTTOM ASH KELAPA SAWIT DENGAN\r\nAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH"^^ . "ABSTRAK\r\n\r\nPertumbuhan jumlah transportasi darat yang begitu pesat menjadi salah\r\nsatu penyebab menipisnya persediaan minyak bumi. Kemudian tingkat\r\npencemaran udarapun semakin meningkat akibat gas buang hasil proses\r\npembakaran pada kendaraan yang kurang sempurna. Sebagai upaya yang\r\ndilakukan untuk menghemat konsumsi bahan bakar minyak dan mereduksi emisi\r\ngas buang yaitu, dengan cara memanfaatkan pelet dari limbah bottom ash kelapa\r\nsawit yang digunakan sebagai adsorben udara pembakaran. Penelitian ini\r\nbertujuan untuk melihat pengaruh aktivasi fisik pelet bottom ash kelapa sawit\r\nterhadap prestasi mesin dan emisi gas buang pada sepeda motor bensin 4-langkah.\r\nPenelitian ini dilakukan dengan beberapa parameter pengujian diantaranya\r\nadalah daya rekat pelet, konsumsi bahan bakar pada uji stasioner (pada putaran\r\nmesin 1500, 3000 dan 4500 rpm) dan road tests (pada kecepatan rata-rata 60\r\nkm/jam sejauh 5 km), akselerasi (0-80 dan 40-80 km/jam) dan emisi gas buang\r\n(pada putaran mesin 1500 dan 3500 rpm). Pelet bottom ash yang digunakan\r\nberdiameter 10 mm dan tebal 3 mm yang dikemas dengan frame berupa kawat\r\nstrimin yang ukurannya sesuai dengan sepeda motor yang digunakan dalam\r\npenelitian ini.\r\nDari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh bahwa daya rekat terbaik\r\npelet terjadi pada penggunaan perekat tapioka 6% dan temperatur aktivasi 150°C,\r\ndimana pengurangan massanya sebesar 0,017 gram. Penggunaan bottom ash\r\nternyata mampu menghemat konsumsi bahan bakar hingga 34,043% pada\r\npengujian stationer putaran 1500 rpm dan sebesar 7,025% pada pengujian\r\nberjalan. Selain itu, penggunaan pelet bottom ash juga mampu meningkatkan\r\nakselerasi mesin hingga 10,9% pada 0-80 km/jam dan 11,94% pada 40-80 km/jam\r\nserta dapat mereduksi emisi gas buang CO hingga 16,028%, HC hingga 15,714%.\r\nKata Kunci: adsorben Bottom ash kelapa sawit, aktivasi fisik, adsorben udara\r\npembakaran, prestasi mesin, emisi gas buang.\r\n\r\nABSTRACT\r\n\r\n\r\nThe rapid increase of the number of ground transportations is one of the\r\ncause to depletion of fuel energy supplies. Then, the level of air pollution always\r\nincrease as a result of the exhaust gas of combustion process resulted by vehicles\r\ndue to incomplete combustion. The efforts to save fuel consumption and reduce\r\nexhaust emissions that can be performed are by utilizing pellets from waste of\r\nbottom ash of palm oil. The waste can be used as an adsorbent for combustion air.\r\nThis research aims to observe the effects of physical activation for bottom ash of\r\npalm oil pellets on engine performance and exhaust emissions of a 4-stroke\r\nmotorcycle.\r\nThis research was conducted with several testing parameters including the\r\nadhesion strength of pellets, fuel consumption on stationary tests (at engine speed\r\n1500, 3000 and 4500 rpm) and road tests (at an engine speed of 60 kph for 5 km),\r\nacceleration tests (at 0-80 and 40-80 kph) and exhaust emissions (at engine speed\r\n1500 and 3500 rpm). Bottom ash pellets used had a diameter of 10 mm and a\r\nthickness of 3 mm which were packed by using strimin wire that its size according\r\nto the air filter of the motorcycle used in this research.\r\nFrom the research performed, it is obtained that the best adhesion strength\r\nof pellet occurred in using 6% tapioca and activation temperature of 150°C, with\r\n0.017 grams of reduction mass. The use of bottom ash was able to save fuel\r\nconsumption up to 34.043% at 1500 rpm on stationary test and it was by 7.025%\r\non the road test. Moreover, the use of bottom ash pellets could also increase the\r\nengine acceleration up to 10.9% at the 0-80 kph and 11.94% at 40-80 kph. In\r\naddition, the exhaust emissions could also be reduced up to 16.028% for CO, and\r\n15.714% for HC.\r\nKeyword: adsorbent of bottom ash of palm oil, physical activation, combustion air\r\nadsorbent, gasoline engine performance, exhaust emissions.\r\n\r\n"^^ . "2017-02-02" . . . . . "FAKULTAS TEKNIK"^^ . . . . . . . " (1115021045)"^^ . "LIWANSON JAYA SIMARMATA"^^ . " (1115021045) LIWANSON JAYA SIMARMATA"^^ . . . . . . "PENGARUH PENGGUNAAN BOTTOM ASH KELAPA SAWIT DENGAN\r\nAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN BOTTOM ASH KELAPA SAWIT DENGAN\r\nAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (File PDF)"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN BOTTOM ASH KELAPA SAWIT DENGAN\r\nAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN BOTTOM ASH KELAPA SAWIT DENGAN\r\nAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN BOTTOM ASH KELAPA SAWIT DENGAN\r\nAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN BOTTOM ASH KELAPA SAWIT DENGAN\r\nAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN BOTTOM ASH KELAPA SAWIT DENGAN\r\nAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN BOTTOM ASH KELAPA SAWIT DENGAN\r\nAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENGGUNAAN BOTTOM ASH KELAPA SAWIT DENGAN\r\nAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENGGUNAAN BOTTOM ASH KELAPA SAWIT DENGAN\r\nAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENGGUNAAN BOTTOM ASH KELAPA SAWIT DENGAN\r\nAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENGGUNAAN BOTTOM ASH KELAPA SAWIT DENGAN\r\nAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN BOTTOM ASH KELAPA SAWIT DENGAN\r\nAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN BOTTOM ASH KELAPA SAWIT DENGAN\r\nAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN BOTTOM ASH KELAPA SAWIT DENGAN\r\nAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN BOTTOM ASH KELAPA SAWIT DENGAN\r\nAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN BOTTOM ASH KELAPA SAWIT DENGAN\r\nAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENGGUNAAN BOTTOM ASH KELAPA SAWIT DENGAN\r\nAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS\r\nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #25682 \n\nPENGARUH PENGGUNAAN BOTTOM ASH KELAPA SAWIT DENGAN \nAKTIVASI FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS \nBUANG SEPEDA MOTOR BENSIN 4-LANGKAH\n\n" . "text/html" . . . "Teknik mesin dan mesin"@en . .