TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints257 UR - http://digilib.unila.ac.id/257/ A1 - Triyono, INDRI FEMICEYANTI Y1 - 2013/12/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Learning Cycle 3E (LC 3E) pada materi asam basa dalam meningkatkan keterampilan memperoleh dan menyajikan serta menganalisis data. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Way Jepara Lampung Timur kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 semester genap Tahun Ajar-an 2012-2013 yang memiliki karakteristik hampir sama. Peningkatan keterampil-an memperoleh dan menyajikan serta menganalisis data diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan memperoleh dan menyajikan data untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,21 dan 0,43; dan rata-rata n-Gain menganalisis data untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,20 dan 0,47. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa siswa dengan pembelajaran LC 3E memiliki keterampilan memperoleh dan menyajikan serta menganalisis data yang lebih tinggi dibandingkan siswa dengan pembelaja- an konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran LC 3E dapat meningkatkan keterampilan memperoleh dan menyajikan serta menganalisis data. Kata kunci: pembelajaran LC 3E, memperoleh dan menyajikan serta menganali-sis data PB - Fakultas KIP TI - PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMEPEROLEH DAN MENYAJIKAN SERTA MENGANALISIS DATA AV - restricted ER -