%A 1423022019 YULIANA %T PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA MATERI HUKUM NEWTON %X ABSTRAK Pembelajaran fisika menekankan penguasaan pengetahuan dan membudayakan berfikir ilmiah pada pemberian pengalaman dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian dengan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Siswa berbasis inkuiri dengan pendekatan keterampilan proses pada materi hukum Newton yang menarik, mudah, bermanfaat, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D). Penelitian dilakukan di SMA Negeri 4 Bandar Lampung kelas X pada bulan September - Oktober 2016. Penelitian ini meng- gunakan metode eksperimen pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel secara random, yaitu sebanyak 2 kelas yang terdiri dari 40 siswa kelas eksperimen dan 40 siswa kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket, test (pretest-posttest), dan observasi laporan siswa dalam aspek keterampilan proses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan termasuk kategori valid, LKS termasuk kategori menarik, mudah dan bermanfaat, dan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan perolehan gain yang dinormalisasi (N-gain) dengan kategori sedang. Disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan bahan ajar LKS berbasis inkuiri dengan pendekatan keterampilan proses sudah cukup efektif dengan perolehan nilai rata-rata keterampilan proses siswa kategori baik. Kata kunci: lembar kerja siswa, inkuiri, dan pendekatan keterampilan proses. ABSTRACT Physics education emphasizes the mastery of knowledge and cultivate scientific thinking on providing experience and its application in everyday life.The objective research is to produce student?s worksheet based on inquiry approach which is attractive, easy, useful, and effective to improve student learning outcomes. This type of research is research & development (R & D). The research was conducted in SMA Negeri 4 Bandar Lampung grade X in September-Oktober 2016. This research uses experimental methods pretest-posttest control group design. The sample technique used in this research was random sampling which used two classes consist of a 40 student class of experiment class and a 40 student class of control class. The data collection using questionnaires, tests (pretest-posttest), and the observation reports of students in aspects of process skills. The results showed that the developed worksheets that already includes valid category, LKS categorized attractive, easy and useful, and there is an increase in student learning outcomes with the acquisition of gain normalized (N-gain) with medium category. It was concluded that the use of teaching materials LKS learning based on inquiry with process skills approach is quite effective with the value of the average skills approach of the students that has good category. Keywords: student worksheet, inquiry, and process skills approach %D 2017 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints25711