%A 1213043009 DESI OCTHAVIAN %T OLAH TUBUH SEBAGAI STIMULUS GERAK TARI DI SMP NEGERI 3 TUMIJAJAR %X ABSTRAK Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peran olah tubuh sebagai stimulus dalam pembelajaran tari pada kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 3 Tumijajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran peran olah tubuh sebagai stimulus dalam pembelajaran tari dan mendeskripsikan hasil dari stimulus olah tubuh dalam pembelajaran tari menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan teori pembelajaran behaviorime. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah 30 siswa dan guru. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan presentasi patokan dengan skala lima dari hasil test praktik dan lembar aktivitas belajar siswa untuk melihat kualitas gerak siswa. Pada proses pembelajaran olah tubuh menggunakan metode demonstrasi terdiri dari 2 tahap yaitu (1) pada tahap persiapan awal dimulai dengan merumuskan tujuan dan mempersiapkan garis besar pada langkah demostrasi lalu melakukan uji coba demonstrasi. (2) tahap pelaksanaan dimulai dengan langkah pembukaan, langkah pelaksanaan demonstrasi, dan langkah mengakhiri demonstrasi dengan memberikan tugas-tugas tertentu yang ada kaitannya dengan pelaksanaan demonstrasi dan prses pencapaian tujuan pembelajaran. Kata kunci : olah tubuh, stimulus, dan teori behaviorisme. ABSTRACT The research problems are how the body if the role as a stimulus to learning dance on teaching and learning in SMP Negeri 3 Tumijajar. This study aimed to describe the learning process if the body's role as a stimulus to learning dance and describe the results of the stimulus if the body in dance teaching method demonstration. This study uses behaviorime learning theory. This study used a qualitative descriptive design. Data collection techniques used that observation, documentation, and interviews. Sources of data in this study were 30 students and teachers. Data analysis techniques in this study using a standard presentation with a five-point scale of the practice test results and student activity sheet to see the quality of the student movement. In the learning process if the body using demonstration method consists of two stages: (1) at the stage of initial preparation begins with formulating objectives and prepare the outline of the steps of demonstrations and test demonstration. (2) the implementation phase begins with the opening step, step execution of demonstrations, and step ending the demonstration by giving specific tasks in connection with the implementation of demonstration and prses achievement of learning objectives. Keywords: exercises, stimulus, and the theory of behaviorism. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints25724