%A 0913034068 Dwita Ayu Setioningrum %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2013/2014 %X ABSTRAK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 BANDAR LAMPUNGTAHUN AJARAN 2013/2014 Oleh Dwita Ayu Setioningrum Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran inkuiridalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar ips terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 12Bandar Lampung. Metodeyang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklusselama 6 kali pertemuan, satusiklusterdiridari 2 kali pertemuan. Subjek dalampenelitian iniadalah 27peserta didikdarikelasVIII yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 13 siswa laki- laki. Data yang diambil berupa hasil tes akhir siklusdan hasil observasiaktivitasbelajar. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapadasiklus I, persentase aktivitas siswa rata- rata pada pertemuan I dan II sebesar45,83% dan persentaseketuntasanhasilbelajarsiswa41,66% (10 Orang), padasiklus II persentaseaktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 14,63% sehingga persentase aktivitas rata- rata siswa siklus II pada pertemuan I dan II menjadi sebesar 60,46% dan persentase ketuntasanhasilbelajarsiswa meningkat sebesar19,87%sehingga menjadi 61,53% (16Orang). Selanjutnya padasiklus III, persentase aktivitassiswa mengalamipeningkatansebesar22,65%sehingga persentase aktivitas rata- rata siswa siklus III pada pertemuan I dan II menjadi sebesar83,11% danpersentaseketuntasanhasilbelajarsiswameningkatsebesar26,93%sehingga menjadi 88,46% (23 Orang). Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan modelpembelajaraninkuiridapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ips terpadu siswa kelas VIII SMPNegeri 12Bandar Lampungtahunajaran 2013/2014. Oleh karena itu disarankan menggunakan modelpembelajaraninkuiridalampembelajaranips terpadu agar siswa ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Aktivitas, HasilBelajar, Model Pembelajaran Inkuiri. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints2577