title: PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017) creator: Devi Putri Permatasari, 1213021016 subject: L Education (General) = Pendidikan subject: QA Mathematics description: Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model reciprocal teaching terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 10 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-F dan VIII-G yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa model reciprocal teaching berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: komunikasi matematis, konvensional, reciprocal teaching publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2017-02-09 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/25782/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/25782/19/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/25782/18/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Devi Putri Permatasari, 1213021016 (2017) PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/25782/