TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints25782 UR - http://digilib.unila.ac.id/25782/ A1 - Devi Putri Permatasari, 1213021016 Y1 - 2017/02/09/ N2 - Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model reciprocal teaching terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 10 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-F dan VIII-G yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa model reciprocal teaching berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: komunikasi matematis, konvensional, reciprocal teaching PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017) AV - restricted ER -