%0 Generic %A NI KADEK SURIANI , 1213021046 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:25784 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Seputih Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017) %U http://digilib.unila.ac.id/25784/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seputih Mataram tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 180 siswa yang terdistribusi dalam lima kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII B dan VIII C yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran koorperatif tipe TPS tidak efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, pembelajaran kooperatif tipe TPS, penalaran matematis