@misc{eprints25786, month = {Januari}, title = {PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2012-2015) }, author = {1211031099 UMI KALSUM }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTS EKONOMI DAN BISNIS}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/25786/}, abstract = {ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dengan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi. Sampel yang dipakai dalam penelitian adalah 628 data dari 149 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2012 sampai 2015 yang mana data dalam penelitian berasal dari data sekunder. Data penelitian ini telah memenuhi syarat uji asumsi klasik dan uji kesesuaian model dengan adjusted R2 sebesar 45,0\% yang diolah dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dan sebesar 41,1\% yang diolah dengan menggunakan teknik Moderated Regression Analysis. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dan profitabilitas mampu memperkuat pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan. Kata kunci: Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Nilai Perusahaan ABSTRACT The purpose of this study was to know the influence of Corporate Social Responsibility disclosure toward the value of the company on manufacturing companies listed in Indonesia Stock Exchange to profitability as a moderating variable. The samples used in the study is 628 data from 149 of manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange in the period 2012 to 2015 where the data in the study came from the secondary data obtained through technical documentation. The data of this study was to qualify the classical assumption and test the suitability of the model with an adjusted R2 of 45,0\% which is processed using multiple linear regression techniques and by 41,1\% which is processed using techniques Moderated Regression Analysis. The analysis showed that Corporate Social Responsibility disclosure positive and significant effecton firm value and profitability to streng then the influence of Corporate Social Responsibility disclosure on firm value. Keywords: Corporate Social Responsibility Disclosure, Profitability, Firm Value } }