%0 Generic %A MELIANSARI , 1313032050 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:25825 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN KEMAMPUAN BELAJAR MANDIRI DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKN DI PAKET C DI DESA WIYONO KECAMATAN GEDUNG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN AJARAN 2016/2017 %U http://digilib.unila.ac.id/25825/ %X ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan hubungan kemampuan belajar mandiri dengan hasil belajar mata pelajaran PPKn di Paket C di Desa Wiyono Kecamatan Gedung Tataan Kabupaten Pesawaran tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah korelasi dengan pendekatan kuantitatif, subyek penelitian yang berjumlah 38 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Analisi data menggunakan Chi Kuadrat. Hasil penelitian adalah terdapat hubungan yang positif antara kemampuan belajar mandiri dengan hasil belajar mata pelajaran PPKn di Paket C di Desa Wiyono Kecamatan Gedung Tataan Kabupaten Pesawaran, dimana kemampuan belajar mandiri peserta didik cenderung kurang mandiri karena keterbatasan waktu belajar serta minimnya fasilitas belajar dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn cenderung sedang, hanya berkisar antara 60 – 70 dalam kategori keeratan sedang. Kata kunci: hasil belajar PPKn, kemampuan belajar mandiri, pembelajaran PPKn