@misc{eprints25827, month = {Januari}, title = {PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 GUNUNG SUGIH TAHUN AJARAN 2015/2016}, author = { 1213033057 ODY IQBAL}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/25827/}, abstract = {Pendidikan mempunyai peranan penting dalam kemajuan dan perkembangan suatu bangsa. dalam rangka untuk menciptakan dan meningkatkan suatu bangsa yang berkualitas diperlukan strategi-strategi pembelajaran yang tepat. Salah satu langkah yang bisa ditempuh yaitu belajar mengajar menggunakan teknik pembelajaran yang dapat digunakan agar tujuan pembelajaran tercapai yaitu menerapkan Teknik Pembelajaran Kooperatif Tipe Berkirim Salam dan Soal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ?Apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan teknik pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gunung Sugih Tahun Ajaran 2015/2016??. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ?Pengaruh yang positif dan signifikan teknik pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gunung Sugih Tahun Ajaran 2015/2016?. Penelitian menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gunung Sugih Lampung Tengah tahun ajaran 2015/2016. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan dilakukan uji analisis data dengan rumus Theta untuk uji pengaruh dan Uji X2 untuk uji signifikan. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan rumus Theta dan Uji X2 dapat ditarik kesimpulan bahwa ?Ada pengaruh positif yang cukup berarti atau sedang yaitu 0,4279 dan signifikan yaitu 10,80 dari pengaruh Teknik Pembelajaran Kooperatif tipe Berkirim Salam dan Soal terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gunung Sugih Tahun Ajaran 2015/2016. Kata kunci : berkirim salam dan soal, motivasi, sejarah} }