@misc{eprints25875, month = {Januari}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEKINCAU LAMPUNG BARAT TAHUN 2015/2016}, author = {ILHAM MUHAMMAD }, address = { UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/25875/}, abstract = {Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi belajar siswa, salah satu faktor yang mempengaruhi belajar siswa adalah minat belajar. Minat belajar sangat penting keberadaannya untuk keberhasilan belajar, namun pada kenyataannya tidak semua siswa memiliki minat yang tinggi dalam belajar. Sehingga perlu adanya usaha-usaha yang dilakukan untuk meningkatkan minat belajar tersebut, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran student teams achievement division yang memacu siswa berkompetisi di dalam pembelajarannya, dengan adanya kompetisi diharapkan dapat mengurangi kejenuhan siswa dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran student teams achievement division terhadap minat belajar sejarah siswa kelas X SMAN 1 Sekincau Lampung Barat TA 2015/2016?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran student teams achievement division terhadap minat belajar sejarah siswa kelas X SMAN 1 Sekincau Lampung Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan true-experimental design tipe posttest only control group. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan uji theta dan kai kuadrat. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dengan nilai koefisien korelasinya sebesar 0,44 yang memiliki arti cukup berarti atau sedang dengan interpretasi semakin sering model STAD digunakan, maka minat belajar sejarah siswa akan semakin baik dan nilai signifikan yang diperoleh adalah sebesar 11.16 sehingga dapat diartikan model pembelajaran STAD dapat dipercaya dan dihandalkan untuk meningkatkan minat belajar sejarah siswa. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran STAD terhadap minat belajar sejarah siswa kelas X SMAN 1 Sekincau Lampung Barat TA 2015/2016.} }