@misc{eprints25896, month = {Pebruari}, title = {PENGARUH KEPERCAYAAN TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DENGAN NARSISME SEBAGAI VARIABEL MODERASI }, author = {1311011030 Aziz Ibnu Tsalits}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/25896/}, abstract = {Organizational Citizenship Behaviour (OCB) merupakan konsep positif baik dari segi niat dan hasil, sehingga sangat penting untuk menghasilkan perilaku ini untuk organisasi. Banyak faktor yang dapat memengaruhi OCB dan salah satunya adalah kepercayaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kepercayaan terhadap OCB dan untuk melihat peran narsisme sebagai variabel moderasi. Survei penelitian ini dilakukan pada 388 karyawan UMKM di Bandarlampung. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis melalui SPSS. Analisis regresi yang digunakan adalah simple linier regression dan moderated linier regression (MRA). Hasil Analisis menunjukkan bahwa kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap OCB, dan hubungan ini dimoderasi oleh narsisme dengan cara yang negatif, dengan kata lain narsisme melemahkan kepercayaan terhadap OCB karyawan. Narsisme karyawan pada dasarnya memiliki konsekuensi positif dan negatif bagi perusahaan. Hasil negatif tidak boleh diabaikan oleh perusahaan karena dengan adanya narsisme negatif karyawan, meskipun tingkat kepercayaan karyawan yang tinggi, narsisme tersebut dapat mengurangi OCB karywan. Kata kunci: Kepercayaan, Organizational Citizenship Behaviour, Narsisme } }