@misc{eprints259, month = {Desember}, title = {ANALISIS KEMAMPUAN MEMBERIKAN ALASAN DAN MENGINTERPRETASI SUATU PERNYATAAN PADA MATERI ASAM BASA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING}, author = {ISTIQOMAH YUSTININGSIH Taufik}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas KIP}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/259/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam mem-berikan alasan dan menginterpretasi suatu pernyataan pada materi asam basa me-lalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk kelompok tinggi, sedang dan rendah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono. Penelitian ini menggunakan metode preekspe-rimen dengan desain one shot case study. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memberikan alasan pada ke-lompok tinggi: sebagian besar berkriteria sangat baik dan hampir separuhnya berkriteria baik. Pada kelompok sedang sebagian kecil berkriteria sangat baik, sebagian besar berkriteria baik dan hampir separuhnya berkriteria cukup. Pada kelompok rendah sebagian kecil berkriteria sangat baik, sebagian besar berkrite-ria baik dan hampir separuhnya berkriteria cukup. Kemampuan menginterpretasi suatu pernyataan pada kelompok tinggi: sebagian besar berkriteria sangat baik Istiqomah Yustiningsih iii dan hampir separuhnya berkriteria baik. Pada kelompok sedang sebagian kecil berkriteria sangat baik, hampir separuhnya berkriteria baik dan hampir separuh-nya berkriteria cukup. Pada kelompok rendah sebagian kecil berkriteria sangat baik, hampir separuhnya berkriteria baik dan sebagian besar berkriteria cukup. Oleh sebab itu, pembelajaran inkuiri terbimbing dapat mengembangkan kemam-puan siswa dalam memberikan alasan dan menginterpretasi suatu pernyataan. Kata kunci: pembelajaran inkuiri terbimbing, kemampuan memberikan alasan, menginterpretasi suatu pernyataan, kelompok tinggi, sedang dan rendah.} }