%0 Generic %A Delima Meilyana Simamora, 1213024013 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:25909 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PROFIL KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas IV dan V Semester Genap SD Negeri 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016) %U http://digilib.unila.ac.id/25909/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan kerjasama dan pola kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV dan V Tahun Ajaran 2015/2016. Sampel penelitian adalah siswa kelas IVa berjumlah 28 siswa dan siswa kelas Va berjumlah 37 siswa yang dipilih dengan purposive sampling. Desain penelitian ini berupa deskriptif sederhana. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, angket siswa, wawancara guru, serta dokumentasi foto dan video. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif yakni hasil penelitian berupa data kualitatif yang kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan rerata kemampuan kerjasama siswa SD Negeri 1 Rajabasa Raya berkriteria”sedang” sebesar 55,16% melalui metode diskusi dalam pembelajaran IPA. Aspek kemampuan kerjasama siswa yang paling tinggi yaitu aspek “disiplin”. Pola kerjasama siswa SD Negeri 1 Rajabasa Raya pada siswa kelas IVa memiliki empat pola yaitu kerjasama spontan, kerjasama langsung, kerjasama kontrak, dan kerjasama tradisional, sedangkan pada siswa kelas Va hanya memiliki tiga kerjasama yaitu kerjasama langsung, kerjasama kontrak, dan kerjasama tradisional. Pola kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA yang paling menonjol pada kelas IVa dan kelas Va adalah pola kerjasama kontrak dengan jumlah total 6 kelompok. Pada siswa kelas IVa, kelompok yang menggunakan pola kerjasama kontrak dalam pembelajaran IPA terdapat pada kelompok 3 dan 4, sedangkan siswa kelas Va terdapat pada kelompok 1, kelompok 3, kelompok 4, dan kelompok 5. Kata Kunci: kemampuan kerjasama, pembelajaran IPA, pola kerjasama