<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS\r\nDAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK\r\nCIRI – CIRI MAKHLUK HIDUP\r\n(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap\r\nSMP Negeri 21 Bandarlampung Tahun Ajaran 2015/2016)"^^ . "Hasil belajar merupakan tujuan akhir dalam suatu pembelajaran yang erat kaitannya\r\ndengan pelaksanaan proses pembelajaran. Hasil observasi di kelas VII SMP Negeri\r\n21 Bandar Lampung, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena\r\nitu, perlu adanya suatu kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan\r\nprestasi belajar siswa. Salah satunya dengan menggunakan Media Video. Penelitian\r\nini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Video dalam meningkatkan aktivitas\r\ndan prestasi belajar siswa.\r\nPenelitian ini merupakan eksperimental semu dengan desain kelompok kontrol nonekivalen.\r\nSampel penelitian adalah kelas VIIJ dan VIIK yang dipilih secara purposive\r\nsampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif\r\ndiperoleh dari rata-rata nilai pretest, posttest dan N-gain pada materi ciri-ciri makhluk\r\nhidup kemudian dianalisis dengan uji-t dan uji-U melalui program SPSS 20.\r\ndengan hasil rata-rata nilai pretes (28,91); postes (70,78); dan N-gain (0,59). Hasil\r\nrata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain Selanjutnya dimasukkan kedalam uji\r\nnormalitas yang dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney U.\r\nHasil uji Mann-Whitney U untuk nilai pretes kelas eksperimen p (0,270 > 0,157) dan\r\npada kelas kontrol p (0,270 > 0,171) sehingga diketahui untuk nilai pretes pada kedua\r\nkelas berbeda tidak signifikan. Hasil uji Mann-Whitney U untuk nilai postes pada\r\nkelas eksperimen p (0,000 < 0,157) dan pada kelas kontrol p (0,000 < 0,171) sehingga\r\ndiketahui untuk nilai postes pada kedua kelas berbeda signifikan. Hasil uji Mann-\r\nWhitney U untuk nilai N-gain pada kelas eksperimen p (0,000 < 0,157) dan pada\r\nkelas kontrol p (0,000 < 0,171) sehingga diketahui untuk nilai N-gain pada kedua\r\nkelas berbeda signifikan. Dengan demikian, penggunaan media video berpengaruh\r\nterhadap peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa.\r\nPeningkatan prestasi belajar juga terjadi pada indikator aspek kognitif (C1, C2, C3,\r\ndan C4). Untuk indikator kognitif C1 dilakukan uji normalitas yang kemudian\r\ndilanjutkan dengan uji homogenitas dengan hasil (Fhitung(0,141) < Ftabel(3,159)), uji t1\r\n(thitung(4,314) > ttabel(1,671)), dan uji t2 (thitung (21,174) > ttabel(1,695)) sehingga diketahui nilai Ngain\r\npada indikator C1 berbeda signifikan. Selanjutnya untuk indikator kognitif C2,\r\nC3 dan C4 dilakukan uji homogenitas yang kemudian dilakukan uji Mann-Whitney U.\r\nHasil uji Mann-Whitney U untuk indikator C2 pada kelas eksperimen p (0,001 <\r\n0,157) dan pada kelas kontrol p (0,001 < 0,171) sehingga diketahui untuk indikator\r\nC2 pada kedua kelas berbeda signifikan. Hasil uji Mann-Whitney U untuk indikator\r\nC3 pada kelas eksperimen p (0,354 > 0,157) dan pada kelas kontrol p (0,354 > 0,171)\r\nsehingga diketahui untuk indikator C3 pada kedua kelas berbeda tidak signifikan.\r\nHasil uji Mann-Whitney U untuk indikator C4 pada kelas eksperimen p (0,007 <\r\n0,157) dan pada kelas kontrol p (0,007 < 0,171) sehingga diketahui untuk indikator\r\nC4 pada kedua kelas berbeda signifikan. Untuk data kualitatif diperoleh dari hasil\r\nobservasi pada tiap pertemuan dan data angket tanggapan siswa mengenai\r\npembelajaran menggunakan media video yang dianalisis secara deskriptif. Hasil\r\npenelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media video meningkatkan\r\naktivitas belajar siswa dengan rata-rata berkriteria cukup yaitu 71,72%. Pada angket\r\ntanggapan siswa mengenai pembelajaran menggunakan media video siswa memberi\r\ntanggapan yang positif seperti siswa merasa lebih mudah dan menyenangkan untuk\r\nmemahami materi dengan menggunakan media video yaitu 87.5%. Dengan demikian,\r\ndapat disimpulkan bahwa penggunaan media video berpengaruh dalam meningkatkan\r\naktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup.\r\nKata kunci : Video, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Ciri-Ciri Makhluk Hidup"^^ . "2016-12-30" . . . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . . . . . " 0913024083"^^ . "BUDI NURCAHYO"^^ . " 0913024083 BUDI NURCAHYO"^^ . . . . . . "PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS\r\nDAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK\r\nCIRI – CIRI MAKHLUK HIDUP\r\n(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap\r\nSMP Negeri 21 Bandarlampung Tahun Ajaran 2015/2016) (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS\r\nDAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK\r\nCIRI – CIRI MAKHLUK HIDUP\r\n(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap\r\nSMP Negeri 21 Bandarlampung Tahun Ajaran 2015/2016) (File PDF)"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS\r\nDAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK\r\nCIRI – CIRI MAKHLUK HIDUP\r\n(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap\r\nSMP Negeri 21 Bandarlampung Tahun Ajaran 2015/2016) (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS\r\nDAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK\r\nCIRI – CIRI MAKHLUK HIDUP\r\n(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap\r\nSMP Negeri 21 Bandarlampung Tahun Ajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS\r\nDAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK\r\nCIRI – CIRI MAKHLUK HIDUP\r\n(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap\r\nSMP Negeri 21 Bandarlampung Tahun Ajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS\r\nDAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK\r\nCIRI – CIRI MAKHLUK HIDUP\r\n(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap\r\nSMP Negeri 21 Bandarlampung Tahun Ajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS\r\nDAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK\r\nCIRI – CIRI MAKHLUK HIDUP\r\n(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap\r\nSMP Negeri 21 Bandarlampung Tahun Ajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS\r\nDAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK\r\nCIRI – CIRI MAKHLUK HIDUP\r\n(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap\r\nSMP Negeri 21 Bandarlampung Tahun Ajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS\r\nDAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK\r\nCIRI – CIRI MAKHLUK HIDUP\r\n(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap\r\nSMP Negeri 21 Bandarlampung Tahun Ajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS\r\nDAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK\r\nCIRI – CIRI MAKHLUK HIDUP\r\n(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap\r\nSMP Negeri 21 Bandarlampung Tahun Ajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS\r\nDAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK\r\nCIRI – CIRI MAKHLUK HIDUP\r\n(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap\r\nSMP Negeri 21 Bandarlampung Tahun Ajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS\r\nDAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK\r\nCIRI – CIRI MAKHLUK HIDUP\r\n(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap\r\nSMP Negeri 21 Bandarlampung Tahun Ajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS\r\nDAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK\r\nCIRI – CIRI MAKHLUK HIDUP\r\n(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap\r\nSMP Negeri 21 Bandarlampung Tahun Ajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS\r\nDAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK\r\nCIRI – CIRI MAKHLUK HIDUP\r\n(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap\r\nSMP Negeri 21 Bandarlampung Tahun Ajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS\r\nDAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK\r\nCIRI – CIRI MAKHLUK HIDUP\r\n(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap\r\nSMP Negeri 21 Bandarlampung Tahun Ajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS\r\nDAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK\r\nCIRI – CIRI MAKHLUK HIDUP\r\n(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap\r\nSMP Negeri 21 Bandarlampung Tahun Ajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS\r\nDAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK\r\nCIRI – CIRI MAKHLUK HIDUP\r\n(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap\r\nSMP Negeri 21 Bandarlampung Tahun Ajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS\r\nDAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK\r\nCIRI – CIRI MAKHLUK HIDUP\r\n(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap\r\nSMP Negeri 21 Bandarlampung Tahun Ajaran 2015/2016) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #25949 \n\nPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS \nDAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK \nCIRI – CIRI MAKHLUK HIDUP \n(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap \nSMP Negeri 21 Bandarlampung Tahun Ajaran 2015/2016)\n\n" . "text/html" . . . "LB Theory and practice of education"@en . . . "QH301 Biology"@en . .