%0 Thesis %9 Masters %A DESTY YUSNIARTI SA., 1423031011 %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2017 %F eprints:25985 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONDENGAN MEMPERHATIKANMOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS XI IPS DI MAN I BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/25985/ %X ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahuiperbedaan hasil belajar Geografi siswa yang pembelajarannya menggunakan model Mind Mapping dan STAD dengan memperhatikan motivasi berprestasi siswa. Sampel yang diambil dua kelas yaitu XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Metodeyang digunakan adalah penelitian eksperimen yaitu model Mind Mapping untuk kelas eksperimen dan model STAD untuk kelas kontrol. Analisis data menggunakan analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen.Kesimpulan penelitian (1) tidak ada perbedaan antara hasil belajar Geografi siswa yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dan STADdi kelas XI IPS di MAN 1 Bandar Lampung(2) hasil belajar Geografi siswa dengan motivasi berprestasi tinggi yang pembelajarannya menggunakan model Mind Mappinglebih baik dari pembelajarannya menggunakan model STAD di kelas XI IPS di MAN 1 Bandar Lampung(3) hasil belajar Geografi siswa dengan motivasi berprestasi rendah yang pembelajarannya menggunakan model Mind Mappinglebih baik dari pembelajarannya menggunakan model STAD di kelas XI IPS di MAN 1 Bandar Lampung(4)tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran Mind Mappingdan STAD dengan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar Geografi siswa di Kelas XI IPS di MAN 1 Bandar Lampung. Kata Kunci: hasil belajar, model pembelajaran mind mapping, STAD, motivasi berprestasi. ABSTRACT The purpose of this study to determine differences in geography student learning outcomes in learning to use Mind Mapping and STAD models with attention to student achievement motivation. Samples were taken two classes of XI IPS 1 as an experimental class and class XI IPS 2 as a control. The method used was experimental research Mind Mapping is a model for the experimental class and STAD model for grade control. Analysis of data using two-way analysis of variance and t-test of two independent samples. The conclusion of the study (1) there was no difference in learning outcomes Geography student using Mind Mapping learning model and STAD in class XI IPS MAN 1 Bandar Lampung. (2) Geography learning outcomes of students with high achievement motivation is learning to use Mind Mapping better models of learning using STAD model in class XI MAN 1 IPS in Bandar Lampung. (3) the results of study Geography students with low achievement motivation are learning to use the model of Mind Mapping is better than learning using STAD model in class XI MAN 1 IPS in Bandar Lampung. (4) there was no effect of interaction between the learning model Mind Mapping and STAD with student achievement motivation on learning outcomes Geography students in Class XI IPS MAN 1 Bandar Lampung. Keywords :learning outcomes, learning model of mind mapping, STAD, motivation achievement