%0 Generic %A Cahaya Sinaga, SARINAH JAYANTHI %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:260 %I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik %T ANALISIS MAKNA PESAN GENERASI PENERUS PADA IKLAN NUTRILON ROYAL VERSI “LIFE STARTS HERE” DI TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN DI TELEVISI) %U http://digilib.unila.ac.id/260/ %X Sebagai salah satu bentuk komunikasi di media televisi maka iklan pada hakikatnya adalah aktivitas menjual pesan (selling message). Semakin menarik dan jelas pesan (informasi mengenai produk dan jasa) dikemas dan disampaikan akan berpengaruh pada respon dan keputusan konsumen terhadap produk. Sebagai komunikator, iklan terdiri atas beragam alat komunikasi seperti bahasa, gambar, warna dan bunyi yang keseluruhannya merupakan sekumpulan tanda yang memiliki makna. Proses penafsiran atau pemberian makna terhadap sekumpulan tanda merupakan proses semiotika. Iklan merupakan objek semiotika. Salah satu iklan di televisi yang juga merupakan objek semiotika ialah iklan susu anak Nutrilon Royal versi “Life Starts Here”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; bagaimanakah elemen-elemen yang terdapat pada iklan Nutrilon Royal, bagaimanakah deskripsi analisis simbol-simbol visual pada iklan, bagaimanakah deskripsi analisis simbol-simbol linguistik dalam iklan, serta bagaimanakah deskripsi analisis pemaknaan pesan generasi penerus berdasarkan simbol-simbol audio visual pada iklan Nutrilon Royal. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah sebagai berikut: untuk mengetahui elemen-elemen yang terdapat pada iklan Nutrilon Royal, untuk mengetahui deskripsi analisis simbol-simbol visual pada iklan, untuk mengetahui deskripsi analisis simbol-simbol linguistik dalam iklan, serta untuk mengetahui deskripsi analisis pemaknaan pesan generasi penerus berdasarkan simbol-simbol audio visual pada iklan Nutrilon Royal. Tipe penelitian ini bersifat deskripsi kualitatif menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Barthes membagi proses penafsiran terhadap tanda menjadi dua tingkatan, yaitu denotasi dan konotasi. Setelah melalui analisis semiotika Barthes, maka hasil penelitian ini adalah terungkapnya makna pesan generasi penerus dalam iklan ini. Generasi penerus ialah generasi yang akan melanjutkan generasi sebelumnya, atau generasi di masa depan yang akan melanjutkan suatu kepemimpinan atau peran sosial di tataran masyarakat. Pesan generasi penerus ini terdapat pada narasi yang direpresentasikan lewat tiap-tiap unit gambar iklan menurut vision atau pandangan anak-anak.