title: PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI GARAM HIDROLISIS creator: DESI JULIA, 1213023013 subject: LB Theory and practice of education subject: QD Chemistry description: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan modul berbasis multipel representasi pada materi garam hidrolisis. Penelitian ini meng-gunakan metode penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall. Pengem-bangan modul berbasis multipel representasi ini melalui hasil studi lapangan di SMA Negeri di Kabupaten Pesawaran dan Pringsewu. Kevalidan modul hasil pengembangan diukur dari hasil validasi ahli. Kepraktisan modul diukur ber-dasarkan tanggapan pendidik dan tanggapan peserta didik, dan hasil tanggapan observer terhadap keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan modul. Berdasarkan hasil penilaian validator terhadap modul memiliki kriteria tinggi dan dikatakan valid. Berdasarkan uji coba terbatas di SMA N 2 Gedong tataan, tanggapan pendidik terhadap modul yang dikembangkan memiliki untuk aspek kesesuaian isi dengan kurikulum, konstruk, keterbacaan, grafika memiliki kriteria sangat tinggi, serta tanggapan peserta didik pada aspek grafika dan keterbacaan memiliki kriteria sangat tinggi. Berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan modul memiliki kriteria tinggi, dan tanggapan positif peserta didik terhadap pembelajaran dengan modul hasil pengembangan maka modul dikatakan praktis. Kata kunci: modul, multipel representasi dan garam hidrolisis publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2017-02-28 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26039/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26039/7/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26039/8/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: DESI JULIA, 1213023013 (2017) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI GARAM HIDROLISIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/26039/