@misc{eprints26064, month = {Pebruari}, title = {IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP FOTOSINTESIS DAN RESPIRASI TUMBUHAN SMP KELAS VIII SE-KECAMATAN PUNGGUR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2015/2016}, author = {1213024029 HASMAH }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/26064/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa dan faktor yang mempengaruhi miskonsepsi. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMP se-Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah berjumlah 289 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini adalah deskriftif sederhana. Pengumpulan data dengan soal tes tertulis identifikasi miskonsepsi siswa dan pemberian angket kepada siswa dan guru. Data miskonsepsi dianalisis menggunakan metode Certainty of Respons Index (CRI) dan faktor dianalisis menggunakan rumus persentase dan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep siswa paling tinggi persentasenya adalah kategori ?Miskonsepsi? sebesar 58,76\%. Siswa yang mengalami miskonsepsi pada konsep fotosintesis sebesar 63,05\% dengan kategori tinggi. Hasil uji menunjukkan adanya korelasi dengan arah korelasi berlawanan arah antara siswa dan metode guru mengajar dengan miskonsepsi. Kata kunci: Certainty of Response Index (CRI), fotosintesis, miskonsepsi, respirasi tumbuhan} }