title: IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP FOTOSINTESIS DAN RESPIRASI TUMBUHAN SMP KELAS VIII SE-KECAMATAN PUNGGUR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2015/2016 creator: HASMAH , 1213024029 subject: LB Theory and practice of education subject: QH301 Biology description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa dan faktor yang mempengaruhi miskonsepsi. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMP se-Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah berjumlah 289 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini adalah deskriftif sederhana. Pengumpulan data dengan soal tes tertulis identifikasi miskonsepsi siswa dan pemberian angket kepada siswa dan guru. Data miskonsepsi dianalisis menggunakan metode Certainty of Respons Index (CRI) dan faktor dianalisis menggunakan rumus persentase dan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep siswa paling tinggi persentasenya adalah kategori “Miskonsepsi” sebesar 58,76%. Siswa yang mengalami miskonsepsi pada konsep fotosintesis sebesar 63,05% dengan kategori tinggi. Hasil uji menunjukkan adanya korelasi dengan arah korelasi berlawanan arah antara siswa dan metode guru mengajar dengan miskonsepsi. Kata kunci: Certainty of Response Index (CRI), fotosintesis, miskonsepsi, respirasi tumbuhan publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2017-02-28 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26064/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26064/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26064/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: HASMAH , 1213024029 (2017) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP FOTOSINTESIS DAN RESPIRASI TUMBUHAN SMP KELAS VIII SE-KECAMATAN PUNGGUR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/26064/