@misc{eprints2608, month = {Agustus}, title = {PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA }, author = {1013024005 Endang Lastriana}, address = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, publisher = {Universitas Lampung}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/2608/}, abstract = {Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain pretes postes non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan VII H sebagai kelas kontrol yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yaitu hasil pemahaman konsep siswa yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji U dengan bantuan program SPSS versi 17. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, dan tanggapan siswa terhadap penggunaan media audio-visual melalui model Team Asissted Individualization (TAI) yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio-visual melalui model Team Asissted Individualization (TAI) berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep oleh siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa terjadi dalam semua aspek. Pada aspek mengajukan pertanyaan (80,56\%); aspek memberikan ide/pendapat (72,22\%); bekerjasama dengan teman (78,47\%); aspek melakukan kegiatan diskusi kelompok (76,39\%); aspek menjawab pertanyaan (79,17\%), pemahaman konsep oleh siswa juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai pretes (45,83); nilai postes (81,25); dan N-gain (64,64). Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media audio-visual melalui model Team Asissted Individualization (TAI) berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan pemahaman konsep siswa pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup. Kata kunci : Audio-visual, aktivitas belajar, ciri-ciri makhluk hidup, pemahaman konsep, TAI } }