%A 1113041024 EDI PARLINDUNGAN TAMPUBOLON %T PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN DI KELAS XI SMA NEGERI 1 METRO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 %X Pembelajaran menulis teks pantun yang mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi di kelas XI SMA Negeri 1 Metro merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran menulis pantun di kelas XI SMA Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu penulis mendeskripsikan hasil penelitian dan analisis terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menulis pantun di kelas XI SMA Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. Objek pada penelitian ini adalah aktivitas pembelajaran menulis pantun yang dilakukan oleh guru bidang studi bahasa Indonesia dan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Metro yang berjumlah 28 orang. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pada kegiatan pembelajaran, guru menggunakan media buku teks, LCD proyektor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru telah memenuhi kriteria pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013. Pertama, kegiatan perencanaan pembelajaran oleh guru yang berupa RPP. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dirancang oleh guru telah memenuhi Sembilan kriteria yang ada dalam instrumen pengamatan perencanaan pembelajaran pada kurikulum 2013. Kedua, pelaksanaan pembelajaran meliputi aktivitas guru dan siswa pada kegiatan awal, inti, dan akhir. Guru telah melaksanakan kegiatan pembelajaran yang ada dalam instrumen pengamatan pelaksanaan pembelajaran oleh guru. Siswa telah melaksanakan proses dengan menerapkan lima aktivitas yang dituntut dalam kurikulum 2013. Lima aktivitas yang dilaksanakan oleh siswa yaitu aktivitas mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan. Ketiga adalah kegiatan evaluasi, hasil evaluasi yang telah dilaksanakan guru juga telah memenuhi kriteria penilaian pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013, yaitu penilaian autentik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian sikap dilaksanakan melalui observasi dengan berpedoman pada rubrik penilaian sikap. Penilaian pengetahuan dilaksanakan guru melalui tes lisan. Penilaian keterampilan dilaksanakan melalui tes tertulis yang mengacu pada instrumen penilaian keterampilan siswa yang memiliki pedoman penskoran. Simpulan yang diperoleh adalah pembelajaran menulis pantun di kelas XI SMA Negeri 1 Metro telah memenuhi kriteria pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Kata kunci: pembelajaran, menulis, pantun. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints26151